logo blog
Selamat Datang Di TipsZip
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Semoga Artikrl Saya Dapat Membantu

Makanan Dan Minuman Yang Dapat Merusak Gigi

Makanan Dan Minuman Yang Dapat Merusak Gigi – Mungkin semua orang telah berusaha untuk merawat giginya agar tetap kuat namun banyak hal yang anda tidak anda ketahui tentang apa saja makanan yang dapat membuat gigi anda rusak atau kropos, dalam mengkonsumsi makanan dan minuman dapat kita amati apa saja manfaat dan kekurangan dari makanan dan minuman tersebut, karena sesungguhnya tak semua makanan dan minuman itu sehat, dan tak semuanya makanan dan minuman itu juga tidak sehat, karena terkadang sebuah makanan dan minuman memiliki manfaat dan ada juga kerugiannya bagi tubuh kita. Baca juga Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Makanan Dan Minuman Yang Dapat Merusak Gigi

Merawat gigi yang paling sering dilakukan adalah menggosok gigi secara rutin setiap hari, hal ini memang sangat dianjurkan karena gigi akan selalu bersih dan sehat, menggosok gigi dapat kita lakukan di pagi hari dan sebelum tidur, namun ada beberapa makanan dan minuman yang dapat merusak gigi anda, makanan dan minuman tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kopi – Meminum kopi memang ada beberapa manfaat yang didapatkan, namun ada beberapa efek buruk kopi yang dapat merusak gigi, meminum kopi dapat menimbulkan flek di gigi kita sehingga gigi lama – kelamaan akan kropos dan berlubang, untuk itulah mulailah atur jadwal minum kopi anda, jangan terlalu sering, sesekali meminum kopi dalam seminggu dapat menghilangkan efek buruk kopi terhadap gigi anda.
  2. Minuman Bersoda – Air yang bersoda juga dapat meruska gigi kita, dimana minuman bersoda memiliki kadar keasaman yang tinggi, hal ini lah yang akan membuat gigi anda menjadi rusak, dan lama kelamaan akan merasakan sakit gigi yang ditandai dengan rasa ngilu, saya anjurkan jangan terlalu sering untuk meminum minuman yang bersoda, cukup satu kali dalam seminggu.
  3. Acar / Sayuran Yang Biasa Di Asamkan – Kita sudah mengerti bahwa kadar asam yang tinggi dapat membuat gigi kita menjadi tidak sehat, bukan hanya minuman, makanan yang asam juga dapat merusak gigi kita, seperti acar atau sayuran – sayuran yang sengaja diasamkan, mulai sekarang hindari makanan – makanan seperti ini jika anda ingin gigi anda tidak kropos dan berlubang.
  4. Makanan Yang Berbahan Cuka – Makanan yang berbumbu cuka ada banyak sekali, cuka adalah bahan yang memiliki kandungan asam dimana kita sudah tahu bahwa asam adalah musuh dari gigi kita, jika kita terlalu sering mengkonsumsinya lama – kelamaan pasti akan membuat gigi kita berlubang dan membuat gigi kita ngilu.
  5. Yogurt – Yogurt juga merupakan minuman yang sehat, namun memilki efek samping dimana yogurt juga memiliki kandungan yang asam didalamnya, oleh karena itu jika kita mengkonsumsinya terlalu berlebihan, akan membuat gigi kita rusak, namun yogurt lebih banyak manfaatnya dibandingkan efek buruknya bagi kita.
  6. Coklat – Makan coklat secara berlebihan juga penyebab gigi menjadi rusak dan kropos untuk itu dalam makan coklat jangan terlalu berlebihan cukup satu kali dalam 3 hari itu cukup baik.
  7. Permen – Makan permen juga sangat berakibat buruk pada keshatan gigi kita, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan, hal ini dapat membuat gigi menjadi cepat berlubang, oleh sebab itu makanlah permen sewajarnya dan tidak berlebihan.

Untuk menjaga kesehatan gigi kita, ada baiknya anda mengerti dan memahami apa saja makanan dan minuman yang dapat merusak gigi anda, mungkin ketika anda mengkonsumsinya dengan tidak berlebihan akan tidak menimbulkan efek buruk pada tubuh kita, namun jika anda mengkonsumsi makanan tersebut dengan berlebihan tidak menutup kemungkinan efek buruk makanan itu dapat merusak gigi anda.

Dalam merawat gigi ada beberapa juga kebiasaan yang dapat menimbulkan gigi yang kropos dan berlubang, seperti menahan air soda di mulut , menghisap-hisap buah, makan dan minum sebelum tidur , sikat gigi setelah makan dan minum, hal ini memang sangat sering dilakukan oleh kita tetapi ternyata hal tersebut dapat berefek buruk terhadap kesehatan gigi kita.
Berlangganan Artikel Lewat Email TipsZip.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. TipsZip - All Rights Reserved