logo blog
Selamat Datang Di TipsZip
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Semoga Artikrl Saya Dapat Membantu

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Tips Menghadapi Wawancara Kerja – Mungkin kebanyakan dari kita yang sudah ataupun belum pernah masih merasakan rasa gerogi saat akan wawancara kerja, banyak faktor yang membuat kita menjadi nervous saat wawancara kerja, baik itu takut salah dalam ucapan dan paling ditakuti adalah gagal dan tidak diterima bekerja, maka dari itu kali ini akan saya berikan tips wawancara kerja agar anda dapat rileks dan mampu menjawab semua pertanyaan yang diberikan oleh personalia kepada anda. Baca juga Tips Cara Menambah Rasa Percaya Diri

Kenapa saya masukkan artikel tips wawancara kerja sebagai salah satu dalam lebel motivasi dalam blog ini?? Saya rasa hal ini memang perlu dilakukan karena kerja membutuhkan sebuah motivasi juga, balik ke soal wawancara kerja, terkadang pada saat wawancara kerja, malah timbul pertanyaan – pertanyaan yang aneh dari personalia, tetapi itu bukan karena mereka ingin tahu atau mengajak bercanda anda, tetapi mereka mencoba melihat sikap dan etos anda dari cara bertutur kata. Maka dari itu jawablah dengan meyakinkan dan katakan apa adanya, mereka bisa tahu anda bohong atau tidak disebabkan karena mereka merupakan lulusan pesikologi, apabila yang mewancarai anda adalah seorang personalia atau HRD.

Tips Menghadapi Wawancara Kerja

Lalu bagaimanakah cara untuk menghadapai wawancara kerja? Baiklah simak baik – baik tips berikut ini yang akan saya berikan :

  1. Pertama yang anda harus lakukan adalah tampil percaya diri, tak perlu anda merasa gugup atau takut, karen hal itulah yang akan membuat anda gagal, namun jika anda percaya diri, pastinya rasa optimis dan hasil yang maksimal akan segera menghampiri anda.
  2. Ceritakan dengan baik siapa diri anda, terkadang seorang personalia membuka obrolan terlebih dahulu kadang juga mereka diam, mencoba membuat anda aktif terlebih dahulu untuk membuka obrolan, cara paling mudah adalah tunggu beberapa detik kemudian anda cobalah bicara tentang siapakah diri anda, hal ini sangat perlu agar personalia tahu siapakah diri anda.
  3. Ceritakan apa saja skill dalam segi pendidikan anda , dalam memberikan alasan kenapa anda wajib untuk di terima bekerja, ada baiknya anad ungkapkan apa saja skill yang anda miliki, jelaskan secara mendetail dari garis besar hingga garis kecil, karena hal ini akan membuat anda semakin mendapatkan nilai plus dari personalia.
  4. Ceritakan pengalaman kerja anda, jika anda telah keluar dari sebuah perusahaan dan sekarang mencoba mencari kerja kembali, tidak ada salahnya jika anda jelaskan kenapa anda keluar dari perusahaan sebelumnya, apabila anda masih pertama dalam mencari pekerjaan hal ini tidak perlu anda lakukan.
  5. Jawab dengan bijak tetapi jangan sampai terjebak, seperti yang saya katakan tadi, apabila personalia memberikan pertanyaan yang sedikit nyeleneh ada baiknya anda telaah inti dari pertanyaan tersebut dengan baik, dan berikan jawaban yang terbaik. Seperti : terkadang seorang personalia memberikan pertanyaan , berapakah gaji yang anda mau? Jangan sampai anda mengatakan nominal, tetapi jawab saja mohon sesuaikan saja dengan kemampuan saya pak/bu. Kalau anda menjawab nominal maka anda cukup kurang baik, tetapi apabila terlanjur menjawab nominal anda bisa selingi dengan karena sangat ingin bekerja dan membutuhkan uang, dan mencari uang. Sebenarnya masih banyak contoh – contoh pertanyaan menjebak lainnya, jadi anda wajib harus mentelaah terlebih dahulu.
  6. Jelaskan planing hidup anda kedepan,  kadang kita disuruh memberikan jawaban tentang apa planning kedepan anda? Usahakan dalam menjawab pertanyaan ini, sesuaikan dengan apa skill dan kemampuan anda, jangan sampai berusaha keluar dari pekerjaan yang sedang anda ingin masuki dalam perusahaan, karena hal ini akan membuat anda dinilai sebagai orang yang kurang bertanggung jawab dalam pekerjaan.

Itulah beberapa tips menghadapi wawancara kerja yang baik, apabila anda masih kesusahan atau nervous ada kalanya anda mencoba untuk mempersiapkan jawaban terbaik dari simpulan – simpulan yang telah saya berikan, selamat mencoba.
Berlangganan Artikel Lewat Email TipsZip.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. TipsZip - All Rights Reserved