logo blog
Selamat Datang Di TipsZip
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Semoga Artikrl Saya Dapat Membantu

Cara Membersihkan Fan Yang Kotor Membuat Laptop Panas Berlebih

Dalam masalah dunia elektronik terutama laptop memang sangat kompleks , salah satu yang paling sering kita temui adalah fan lapotop kita yang kotor sehingga membuat laptop menjadi terasa panas yang sangat berlebihan, salah satu yang paling sering temui tanda tanda nya adalah fan terdengar bekerja sangat keras dan laptop begitu terasa panas secara terus menerus walaupun kita sedang tidak membuka software yang berat, tanda ini memang yang paling sering kita temui ketika fan kita sedang kotor.

Dalam poerputaran fan yang kita dengar itu tadi, ada sebab yang pasti , karena fan sudah di berikan sebuah sensor dimana ketika komponen dalam lapotop kita panas maka fan akan otomatis bekerja secara otomatis, biasanya karena membuka softaware yang terlalu berat, dan hal tersebut sangatlah normal. Namun apabila fan laptop kita tiba tiba berbunyi terus menerus maka bisa jadi fan laptop kalian sedang kotor sehingga membuat suhu dalam komponen laptop menjadi cepat panas. Lalu bagaimana sih cara membersihkan fan laptop yang kotor??

Cara Membersihkan Fan Yang Kotor Membuat Laptop Panas Berlebih

Langkah langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan obeng dan sebuah kuas untuk membersihkan fan yang kotor
  2. Mulailah dengan membuka komponen laptop dengan hati hati
  3. Lepaslah beberapa komponen lain sehingga fan laptop dapat kita lepas dari motherboard
  4. Mulailah membersihkan fan laptop anda yang kotor, setelah selesai membersihkannya jangan lupa juga membersihkan komponen lain dalam laptop, karena terkadang hal tersebut juga mempengaruhi panas laptop saat bekerja.
  5. Cobalah merakit kembali komponen yang sudah kalian lepas.
  6. Nyalakan laptop dan coba lihat kinerja fan anda sekarang.

Dalam melakukan pembersihan fan laptop jika kalian tidak mau dan takut membuka bagian laptop anda,  ada cara yang paling praktis untuk membersihkannya, namun tidak akan bersih seperti cara diatas tadi, namun cukup membuat kinerja laptop anda akan kembali signifikan, cara yang biasa saya lakukan di sekolaha adalah menggunakan kompresor sebagai penyemprot fan dario luar komponen laptop, hal ini akan membuat debu berterbangan keluar dari komponen, cukup mudah dan praktis kan??

Selain karena fan yang bekerja tidak baik kadang kala kalian harus mengetahui kenapa laptop anda menjadi cepat panas, salah satunya adalah software yang kalian install sebelumnya, apakah spek dengan laptop anda atau tidak, karena kalau tidak spek akan membuat laptop anda menjadi bekerja lebih berat , hal inilah yang menyebabkan laptop mudah panas dan fan bekerja sangat keras, jadi tidak semua sebab laptop cepat panas adalah pengaruh fan yang kotor bisa saja dari install software baru yang kalian lakukan sebelumnya, lebih baik dalam penggunaan laptop sesuaikan saja dengan spek umum laptop anda daripada menyebabkan kerusakan yang amat parah.
Berlangganan Artikel Lewat Email TipsZip.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. TipsZip - All Rights Reserved