logo blog
Selamat Datang Di TipsZip
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Semoga Artikrl Saya Dapat Membantu

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Muncul Dan Tidak Terbaca Di Lapotop

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Muncul Dan Tidak Terbaca Di Lapotop – Masalah yang paling dialami sebuah flashdisk adalah tidak munculnya pada laptop kita oleh sebab itu kadang kala kita memilih untuk membeli flashdisk baru dan menganggapnya bahwa flashdisk sudah ruasak, tetapi sebenarnya tidak ada salahnya kita coba test kerusakkan nya karena apa kalau kita bisa memperbaikinya sendiri tentunya lumayan bukan daripada kita membeli flashdisk baru yang membuat uang kita terbuang percuma.

Dalam keadaan fisik flashdisk mungkin baik baik saja namun kita tidak tahu apa penyebab flashdisk tidak bisa muncul dan terbaca oleh laptop kita, ada sebab yang membuat hal tersebut terjadi, beberapa sebab tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Ada masalah pada driver USB sehingga tidak terbaca laptop
  2. Masalah terdapat pada settingan BIOS dalam windows anda.
  3. Masalah pada port flashdisk kita
  4. Masalah pada port tempat kita menancapkan flashdisk pada laptop.
  5. Masalah lain adalah flashdisk anda memang sudah rusak,

Untuk kerusakkan nomer 5 adalah kerusakan terparah sehingga anda tidak akan bisa memperbaiki sendiri kerusakkan tersebut, apabila kerusakkan lain masih bisa anda perbaiki sendiri dengan cara yang akan saya jelaskan di artikel ini.
Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Muncul Dan Tidak Terbaca Di Lapotop

Cara Manual Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Dengan Windows

  1. Pertama kalian coba masukkan flashdisk ke port usb laptop anda.
  2. Selanjutnya silahkan klik start  control panel
  3. Setelah itu cobalah ubah tampilan windows menjadi clasic mode, alias mode klasik
  4. Setelah mengganti mode tampilan, kalian pilih Add Hardware
  5. Setelah itu pasti akan muncul sebuah dialog, silahkan anda klik next.
  6. Maka nanti akan muncul dialog Yes bla bla... dan No bla bla.. setelah itu kalian pilih saja opsi yes untuk melanjutkan ke opsi selanjutnya.
  7. Stelah itu pasti komputer anda akan searching adakah perangkat hardware baru yang ada di lapotp anda, hal ini adalah berusaha untuk mendeteksi keberadaan flashdisk anda.
  8. Bila flashdisk sudah di temukan sebelum pendeteksian selesai silahkan saja klik cancel kalau belum ada tunggu sampai selesai.

Cara Memperbaik Flashdisk Tidak Terbaca Dengan CMD

  1. Masukkan port flashdisk ke port laptop anda
  2. Silahkan buka CMD di laptop anda dengan cara klik Start Run  CMD lalu tekan enter, maka CMD akan segera teerbuka dilahalaman utama
  3. Buka lokasi flashdisk anda lewat CMD, umumnya anda bisa melihat partisi kalian ada berapa kalau D dan E maka flashdisk anda pasti ada di F tetapi umumnya ada pada G sehingga di CMD anda tuliskan saja g:
  4. Lalu setelah menuliskan g: tulisakan saja chkdsk/f, maka akan ada tampilan (Y/N) di CMD kalian, tuliskan saja Y untuk yes
  5. Maka akan perintah untuk merestat laptop anda, maka tekan Y atau yes saja untuk restart laptop anda.

Itulah beberapa langkah untuk mengecek flashdisk kita yang tidak terdeksi atau terbaca oleh laptop kita, semoga sangat membantu.
Berlangganan Artikel Lewat Email TipsZip.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2014. TipsZip - All Rights Reserved